Bukan Cuma Pemanis, Ini Lho Fungsi Penting Spoiler Helm

Yuk kenali setiap bagian dari helm serta fungsi penting yang tentu saja bukan hanya sekadar aksesoris semata, salah satunya spoiler helm

Autoride- Pada helm full face umumnya terdapat satu bagian yang seperti sayap runcing serta berlubang di bagian belakang. Ya, itulah spoiler helm. Selain membuat tampilan helm jadi lebih menarik, nyatanya memiliki fungsi penting lho.

Ada sebuah alasan mengapa bagian ini diciptakan, bukan hanya digunakan untuk pemanis atau hiasan saja. Penambahan bagian ini berhubungan dengan kenyamanan pengguna kendaraan. Lalu apa saja fungsi dan cara kerjanya? Berikut penjelasannya.

Apa Itu Spoiler Helm dan Fungsinya

Yang dimaksud dengan spoiler ini adalah sebuah tambahan pada helm berupa perangkat yang ditempelkan berbentuk kecil seperti sayap. Fungsinya jelas bukan sekedar hiasan saja, karena komponen ini memiliki fungsi untuk meningkatkan aerodinamika pada saat Anda melaju dengan sepeda motor di kecepatan tinggi.

–> Kawasaki Z900RS 2022 Usung Perpaduan Klasik Modern yang Menggoda

spoiler helm- 5
Berperan penting untuk ajang balap

Masih belum percaya? Anda bisa membandingkan dengan mencobanya langsung. Cobalah untuk menggunakan helm tanpa spoiler and melaju kencang dengan motor. Pada kecepatan 250 km/ jam maka helm akan terasa lebih berat karena adanya tekanan kuat dari arah depan.

Hal ini tentu sangat mengganggu saat Anda berkendara karena tekanan angin membuat beban helm semakin berat. Berbeda jika Anda menggunakan tambahan helm berspoiler. Walaupun berada di kecepatan 250 km/ jam helm tidak akan bergerak atau terasa berat.

Jadi fungsi jelas tidak bisa dianggap remeh. Sebagian besar pembalap biasanya menggunakan jenis helm yang sudah memiliki spoiler dari pabrikan. Walaupun sebenarnya juga ada jenis helm yang memiliki spoiler bongkar pasang di pasaran.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Alasan apa yang membuat helm jadi lebih ringan dengan adanya tambahan spoiler? Hal ini bisa dilihat dari cara kerjanya. Spoiler tidak akan terasa bekerja jika Anda hanya berkendara di bawah kecepatan 250 km per jam.

spoiler helm- 2
Berfungsi membelah angin saat kecepatan tinggi

Karena pada kecepatan tersebut tekanan angin yang sangat kencang terasa sehingga membuat beban pada helm. Sedangkan dengan adanya spoiler ini, maka aliran udara yang melewati bagian depan dan atas helm akan dipecah.

Aliran udara yang pecah akan dialirkan melalui spoiler sehingga tekanan udara pun berkurang. Dilihat dari cara kerjanya, bagian yang berbentuk kecil ini ternyata memiliki peranan yang sangat besar.

Jadi bagi Anda yang terbiasa melaju dengan sepeda motor di kecepatan tersebut wajib menggunakan helm yang sudah dilengkapi dengan spoiler. Jadi ada fungsi tersendiri yang membuat benda ini penting untuk digunakan pada helm.

Tak heran jika Anda membeli helm yang memiliki spoiler bawaan dari pabrik harganya akan lebih mahal. Mengingat fungsinya begitu penting. Tapi adakah jenis helm yang spoilernya bisa dibongkar pasang? Bagaimana cara memasangnya?

Jenis Spoiler Helm dan Pemasangannya

Apakah Anda saat ini perlu helm yang memiliki spoiler? Anda perlu tahu bahwa helm ini terdiri dari beberapa jenis, masing-masing juga memiliki harga dan jenis spoiler bervariasi. Anda bisa memperhatikan penjelasan dari berikut ini.

1. Model Baut

Di pasaran ada jenis helm yang memiliki spoiler bisa dibongkar pasang. Pemasangannya sendiri mengandalkan sistem baut. Biasanya spoiler dijual terpisah dan bisa Anda beli ketika membutuhkannya.

Proses pemasangannya membutuhkan baut, hanya saja demi keamanan tipe ini tidak dianjurkan. Bahayanya adalah ketika terjadi benturan, baut untuk memasang spoiler justru akan melukai kepala.

spoiler helm- 3
Model baut

Tambahan baut ini juga akan mengubah struktur helm yang tadinya sudah memiliki kualitas baik, justru tidak bisa melindungi kepala dengan baik. Mengapa berbahaya dan merusak struktur helm?

Karena pemasangan dari model ini adalah dengan mengebor bagian belakang helm. Otomatis baut akan tertancap di bagian dalam helm yang sangat membahayakan kepala penggunanya. Apalagi jika terjadi kecelakaan yang jatuhnya ke arah belakang.

2. Model Tempel

Tipe kedua yang juga termasuk banyak digunakan adalah model tempel. Untuk tipe ini spoiler bisa dipasang menggunakan double tape. Tipe ini juga tidak terlalu disarankan karena spoiler yang dipasang tidak bisa menjalankan fungsinya.

Pada saat Anda berkendara di kecepatan tinggi, spoiler bisa saja lepas karena tingkat kerekatan double tape yang kurang bagus. Tapi jika Anda hanya ingin menggunakan sebagai aksesoris saja, tipe ini bisa digunakan.

–> Bikers District Ciracas (BDC) Touring Wisata ke Goa Agung Garunggang

spoiler helm- 4
Contoh spoiler model tempel

Cara memasangnya hanya perlu membeli spoiler model tempel, kemudian siapkan double tape. Setelahnya Anda bisa memasang sejajar di bagian kanan dan kiri dan pastikan kemiringannya sudah tepat.

3. Bawaan Pabrikan

Jenis yang paling disarankan adalah spoiler yang sudah ada sejak diciptakan di pabrik. Spoiler helm bawaan ini memiliki kelebihan dari segi kekuatan yang sudah pasti tidak mudah terlepas.

Pemasangannya pun sudah dipertimbangkan sebelumnya agar tidak merusak struktur helm dan tetap aman untuk melindungi kepala. Helm juga sudah melewati uji coba sehingga sudah sebaiknya digunakan. Namun, kekurangannya adalah harganya yang mahal. (Foto: Istimewa)

Sharing is Caring
Your Community Partner

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!