HighlightMotorcycle NewsNews

Fakta Motor Listrik Gesits, Disukai Jokowi Hingga Jadi Bagian BUMN

Dalam beberapa hari terakhir, motor listrik Gesits ramai dibicarakan usai mereka bertransformasi menjadi perusahaan ‘plat merah’ atau BUMN

Autoride-   Motor listrik Gesits yang merupakan proyek beberapa perusahaan dalam negeri adalah merek otomotif yang sudah menghasilkan produk motor listrik.  Prototipenya sendiri sebenarnya sudah muncul sejak 2016 lalu, kemudian mendapatkan sejumlah pembaruan sampai akhirnya masuk versi produksi massal.

Sejarah Singkat

Gesits awalnya adalah buah kerjasama antara Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Nama Gesits berasal dari singkatan Garansindo Electric Scooter ITS dan nama perusahannya adalah Gesits Technologies Indo (GTI). GTI lantas mendirikan perusahaan gabungan dengan Wijaya Karya Industri & Konstruksi (WIKON) yaitu WIKA Industri Manufaktur (WIMA) pada Juni 2018. WIMA adalah prinsipal dan manufaktur yang memiliki pabrik perakitan Gesits di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Your Community Partner

–> 4 Cara Merawat Stiker Mobil Agar Selalu Kinclong

motor listrik gesits-2
Gesits pertama kali diperkenalkan pada tahun 2018

Dan tepat pada 24 September 2021, WIMA sepenuhnya mengakuisisi saham WIKON, termasuk Gesits di dalamnya yang kini berpindah tangan menjadi perusahaan ‘plat merah’. “Usai transaksi ini, imbuh Mahendra Wijaya, WIKON menjadi pemegang 100% saham WIMA,” ungkap Mahendra Vijaya, Sekretaris WIKA.

Fitur Lengkap
motor listrik gesits-4
Bagasi yang bisa memuat dua baterai sekaligus

Sejak pertama kali rilis 2018 silam, motor listrik Gesits memang akrab dengan masyarakat Indonesia. Hal tersebut tidak lepas dari bentuknya yang sekilas tidak berbeda dari skutik kebanyakan. Bedanya, untuk berjalan Gesits dibekali motor elektrik sebagai penggerak roda belakang via belt drivetrain berada di bawah bagasi atau di depan monoshock.

Motor elektrik ini berupa BLDC Motor, permanent magnet synchronous, yang sanggup menghasilkan 6,7 hp dan torsi 30 Nm. Ada tiga mode yang bisa digunakan pengendara, yaitu ECO (dibatasi 45 km per jam), Urban (dibatasi 60 km per jam), dan Sport (dibatasi 70 km per jam). Fitur canggih pun disematkan berupa koneksi bluetooth yang bisa tersambung ke smartphone melalui aplikasi.

motor listrik gesits-3
Jokowi saat menjajal Gesits

–> Dumors Tangsel Buktikan Eksistensi dengan Rayakan Ultah ke-1

Your Community Partner

Bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun terkesan kala menjajal motor listrik ini beberapa waktu lalu. “Tadi saya coba, suaranya nggak greng, greng, greng…, jadi agak bingung, menyesuaikan nggak ada knalpotnya, nggak ada suara greng-nya, halus sekali dan sangat ramah lingkungan,” kata Jokowi.

Gesits menggunakan teknologi LED untuk lampu depan, belakang, dan sein. Lalu punya rem cakram di ban depan dan belakang, serta menggunakan pelek ukuran 14 inci. Untuk jenis baterai, Gesits menggendong baterai Li-NCM 72v 20Ah yang diletakkan di bagasi, dengan durasi pengecasan 3-4 jam dan jarak tempuh mencapai 50 km. Namun, jarak tersebut bisa diperpanjang menjadi 100 km jika Anda menggunakan dua baterai sekaligus di bagasi. (Foto: Gesits)

Sharing is Caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *