Google Trends: Minat Penelusuran Merek Kendaraan Listrik Melonjak 300%

Data Google Trends di Indonesia menunjukkan bahwa penelusuran terkait merek mobil yang memproduksi kendaraan listrik naik 300%.

Autoride – Selama periode satu tahun dari 2020 sampai 2021 data Google Trends di Indonesia menunjukkan penelusuran terkait kendaraan listrik naik 300%. Konsumen menggunakan Google Search dan YouTube untuk memulai – dan menyelesaikan – perjalanan pembelian merek. Penelusuran untuk topik terkait kendaraan hibrida naik 53% selama periode yang sama dan penelusuran untuk kata kunci terkait mobil listrik naik 60% di YouTube.

Tren terkini juga menunjukkan bahwa volume penelusuran untuk kendaraan listrik di Google 30% lebih tinggi daripada penelusuran untuk “SUV” dan “hatchback” dari Agustus 2021 sampai Juli 2022. Selama periode yang sama, penelusuran untuk “motor listrik” di YouTube juga terdata naik 85%.

-> Randu Sekti Wibowo Ingin Warisi Ilmu Balap Sang Kakak

mobil listrik Hyundai IONIQ 5
Mobil listrik Hyundai IONIQ 5

Sedangkan secara umum, penelusuran terkait otomotif di Google naik 20% selama periode yang sama. Juga penelusuran di YouTube untuk kreator konten yang punya spesialisasi dalam konten otomotif naik 16%. Pencarian untuk “dealer terdekat” naik 43%.

“Kita tentu dapat melihat bahwa orang Indonesia ingin tahu tentang kendaraan listrik, tetapi kita juga melihat keinginan yang lebih besar untuk membelinya,” ungkap Karlina Ayuningtyas, Industry Analyst, Google Indonesia. Kendaraan listrik merujuk pada kombinasi dari kategori EV plus Hybrid.

“Penelusuran untuk harga EV mencapai 35% dari penelusuran terkait EV secara keseluruhan, sementara 29% dari penelusuran terkait hybrid adalah penelusuran untuk informasi harga. Ini menunjukkan peluang besar bagi merek yang mencoba untuk merebut generasi konsumen yang baru ini, yang 90% di antaranya mencari informasi tentang kendaraan listrik secara online,” tambah Karlina. (Maston/Foto: istimewa)

-> AHM Pasarkan Honda ST125 Dax, Harga CBR250RR Kalah Jauh

motor listrik Rakata
Motor listrik Rakata yang belum lama ini launching di PEVS 2022

Sharing is Caring
Your Community Partner

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!