Ketahui Perbedaan Ban AT, MT, dan HT untuk Mobil SUV
Untuk Anda para pemilik mobil SUV pasti pernah mendengar jenis ban AT, MT, dan HT. Sebenarnya apa bedanya?
Autoride- Biasanya, mobil SUV menggunakan ban tipe AT, HT, dan MT. Kode-kode ban mobil ini ternyata punya arti sendiri yang patut Anda ketahui. Karena hal itu merujuk pada peruntukan ban tersebut sesuai jenis medan jalan yang bisa dilaluinya.
Pengguna mobil-mobil jenis SUV (Sport Utility Vehicle) biasanya menggunakan ban jenis tertentu. Ban yang dipakai mobil-mobil ini sedikit berbeda dengan mobil jenis city car, sedan, maupun MPV (Multi Purpose Vehicle).
–> Yamaha Mio M3 125 Tampil dengan Warna Baru
Kode-kode ban ini dipasang oleh para produsen ban pada bagian dinding ban. Untuk HT menunjukkan Highway Terrain, sedang AT artinya All Terrain, MT adalah Mud Terrain. Lalu seperti apa pengertian dari kode ban AT, HT, dan MT? berikut penjelasan dari Autoride.
1. Ban AT
Ban mobil tipe ini adalah singkatan dari ban tipe All Terrain. Sesuai dengan namanya, ban tipe ini sanggup dipakai untuk melintas diberbagai tipe median jalan. Yaitu onroad maupun offroad. Tapi tentunya ada beberapa hal yang mesti Anda pahami.
Ban A/T memiliki profil tapak yang lebih kasar dan renggang dibanding ban tipe HT. Tentunya ini membuat Anda bisa lebih leluasa untuk menggunakan ban di jalan beraspal atau medan yang kasar. Tetapi perlu Anda waspadai, manakala ban dipakai di jalan aspal, terutama saat kondisi jalan basar, grip AT tidak akan sebaik ban HT.
Ban mobil tipe ini juga masih memiliki tread block yang tetap teratur dan agak rapat sehingga masih cukup senyap ketika dipakai di jalan aspal. Walau demikian kesenyapannya tidak lebih baik dari ban H/T. Jika Anda sering beraktifitas di perkotaan, dan sesekali masuk ke area bebatuan atau lumpur dengan medan yang ringan, ban ini cocok untuk Anda gunakan.
2. Ban HT
Ban Highway Terrain (H/T) diperuntukkan bagi kendaraan yang lebih banyak melintas di jalan beraspal. Selain itu ban tipe ini juga memiliki karakter dinding ban yang paling empuk diantara jenis ban SUV lainnya.
Ban mobil tipe HT juga memiliki tapak ban rapat sehingga hambatannya paling minim dibanding tipe AT atau MT. Efeknya, kinerja mesin jadi lebih ringan dan ini berpengaruh pada efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Selain itu tipe tapak ini juga membuat ban H/T paling senyap ketika digunakan di jalan beraspal dibanding dua tipe ban SUV lainnya.
Jika Anda lebih sering melintas di jalan beraspal, jalan tol, atau jalan raya lainnya untuk aktifitas harian atau berpergian antar kota, maka ban ini paling cocok. Ban tipe ini juga layak dipasangkan pada mobil-mobil SUV compact maupun crossover yang penggunaannya lebih dari 75% di jalan raya (onroad).
3. Ban MT
Mud Terrain Tires alias ban tipe MT adalah ban yang dikhususkan bagi SUV yang kerap melintas di medan-medan berat. Misalnya pada area perkebunan, pertambangan, jalan dengan kubangan lumpur, dan lain sebagainya.
Ban tipe ini juga memiliki karakter dinding ban yang lebih kuat dibanding ban HT. Tapak ban juga jauh lebih kasar dibanding tipe AT atau pun HT. Selain itu tread block dibuat lebih dalam agar ban tetap memiliki traksi walau median jalan yang dihadapinya kubangan lumpur. Bahkan ada jenis ban MT dengan tapak yang lebih kasar demi kebutuhan melintas di jalan ekstrim.
–> Waspadai Efek Buruk Sering Telat Ganti Oli Gardan Motor Matik
Tetapi jika Anda harus menggunakan ban tipe MT di jalan beraspal, Anda wajib lebih berhati-hati. Dengan profil tapak yang sangat kasar dan renggang, maka hanya sedikit permukaan ban yang menempel ke aspal. Akibatnya traksi ban sangat minim terutama saat kondisi jalan basah atau hujan. Selain itu mobil jadi lebih boros, dan ban akan menimbulkan suara sangat bising ketika melintas di jalan raya atau jalan tol.
Para pekerja perkebunan atau pertambangan yang membutuhkan kendaraan untuk mobilitasnya dilokasi pekerjaan, wajib menggunakan mobil dengan ban mobil tipe MT. Atau jika Anda hobi offroad, maka mobil Anda pun diharuskan pakai ban jenis ini. (Foto: Istimewa)