HighlightMotorcycle NewsNews

Komparasi Moge 1.800cc: BMW R18 vs Honda Goldwing

Berbicara moge di kelas 1.800cc, tentu menarik membahas antara BMW R18 vs Honda Goldwing, siapa lebih baik?

Autoride- Seperti diketahui bersama, Honda baru saja meluncurkan Goldwing terbaru di Indonesia beberapa hari lalu. Tentunya hal tersebut kian meramaikan kelas moge 1.800cc yang sebelumnya sudah ada BMW R18 dan Harley-Davidson. Namun, kali ini Autoride sedikit melupakan Harley, mari kita fokus pada BMW R18 dan Honda Goldwing saja.

Jika membandingkan secara desain dan kebutuhan, sebenarnya R18 dan Goldwing merupakan motor yang berbeda, meski sama-sama mengusung 1.800cc di sektor mesin. R18 lebih diciptakan untuk cruising santai, sedangkan Goldwing lebih dominan untuk touring perjalanan jauh karena sudah dilengkapi beragam fitur yang siap memanjakan rider.

Your Community Partner

–> Muschap ARCI Bulukumba, Akhmad Alex Jadi Ketua Terpilih

Mesin
BMW R18-2
BMW R18 punya tampilan maskulin yang garang

Honda GL1800 Goldwing terbaru mengusung mesin 1.833 cc dengan konfigurasi 6-silinder horizontal dan berpendingin cairan. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 126 dk di 5.500 rpm dan torsi 170 Nm di 4.500 rpm. Tenaga tersebut disambung ke roda belakang menggunakan transmisi 7-percepatan otomatis Dual Clutch Transmission (DCT).

Sementara BMW R 18 memiliki dapur pacu 1.802 cc dengan konfigurasi 2-silinder boxer dan berpendingin cairan. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga 91 dk di 4.750 rpm dan torsi 157 Nm di 3.000 rpm. Tenaga tersebut disampaikan ke roda belakang menggunakan transmisi manual 6-percepatan. Di atas kertas, terlihat Honda lebih unggul, namun hal tersebut bisa dimaklumi karena seperti dijelaskan di atas. Kedua motor ini sangat berbeda.

Fitur

Untuk fiturjika melirik kepada fitur yang ditawarkan. Honda memberikan semua teknologi canggih yang bisa dibenamkan pada motor. Diantaranya, throttle-by-wire (TBW) yang memiliki 4 mode riding (Tour, Sport, Econ, dan Rain), Honda Selectable Torque Control (HSTC), Hill Start Assist, dan sistem cruise-control yang dapat disetel.

BMW R18-3
Honda Goldwing dengan tampilan elegan serta futuristik

Lalu Suspensi yang digunakan double-wishbone dan peredam shock depan dan belakang Showa. Sementara sistem pengereman menggunakan kaliper depan serta rotor yang besar yaitu 320mm. Model ini juga menggunakan sistem pengereman C-ABS. Sedangkan BMW R18 memang tidak selengkap Honda, namun meski kalah secara fitur, nama besar BMW tidak bisa dilupakan bukan?

Your Community Partner

Lalu bagaimana harganya? Selain kapasitas mesin yang mirip, banderol kedua motor ini ternyata hampir serupa. BMW R18 dipasarkan mulai Rp 969 juta off the road untuk varian first edition. Sementara yang classic seharga Rp 1,039 miliar. Sedangkan Honda Goldwing terbaru memiliki harga Rp 1,1 miliar on the road.

–> Tips Aman Lepas Stiker Motor Tanpa Tinggalkan Jejak

Siapa yang Terbaik?

Berbicara mengenai yang terbaik, tentu semuanya kembali lagi kepada Anda. Jika membutuhkan moge ber-cc besar dengan tampilan maskulin, BMW R18 bisa dijadikan pilihan. Namun bila Anda seorang petualang sejati yang kerap touring jarak jauh, Honda Goldwing bisa dilirik. Apalagi dengan segudang fitur canggih yang siap memanjakan sepanjang perjalanan. So..pilih mana? (Foto: Istimewa)

Sharing is Caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *