Komunitas Yamaha R25 Latihan Balap Jelang Yamaha Sunday Race (YSR) 2022

Komunitas Yamaha R25 siap menghadapi musim balap 2022 dalam ajang Yamaha Sunday Race (YSR) yang akan dihelat di Sirkuit Sentul.

Autoride – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kembali akan menyelenggarakan ajang balap bergengsi Yamaha Sunday Race (YSR) 2022. Untuk menghadapi kompetisi One Make Race (OMR) Yamaha tersebut, 3 komunitas Yamaha R25 mengadakan latihan bersama bertajuk “bLU cRU Rider Track Day Pre Seasons YSR 2022” di Sirkuit Sentul Bogor, Jawa Barat pada Kamis, 26 Mei 2022.

Ketiga komunitas itu antara lain YROI (Yamaha R25 Owners Indonesia), ROCK (R25 Owner Kaskus), dan YARRCI (Yamaha R25 Rider Club Indonesia). Mereka sepakat meminta Yamaha Racing Indonesia (YRI) untuk mensupport acara ini dengan mendatangkan Wahyu Nugroho yang saat ini aktif berlaga di event balap internasional yakni bLU cRU R3 Cup.

Acara yang dihadiri oleh 25 pembalap dari kalangan komunitas ini didahului dengan coaching clinic tentang bagaimana membawa motor balap di lintasan sirkuit dengan aman, nyaman dan mampu improve catatan waktu dengan baik. Setiap peserta dengan serius menyimak materi yang diberikan diselingi sesi tanya jawab.

“Banyak sekali pelajaran yang kami dapatkan, seperti tentang bagaimana cata hardbraking, counter steering dan body position saat memasuki cornering di sirkuit,” ujar Peter Tjandra, salah seorang peserta yang hadir.

Selepas acara coaching clinic, para peserta lalu mengambil posisi di motor masing-masing untuk mengaplikasikan materi yang dipaparkan Wahyu Nugroho. Umumnya peserta menggunakan Yamaha R25, beberapa Yamaha R15 dan 2 unit Yamaha R6 yang nantinya akan berlaga di kelas Superbike.

Lap demi lap para peserta tampak antusias memanaskan ban dan mesin motornya. Namun sayang kondisi sirkuit kurang maksimal, ada beberapa titik aspalnya tidak mulus sehingga menyulitkan para bikers untuk dapat lebih kencang lagi terutama di tikungan. Beruntung semua aman, tanpa masalah berarti.

Bang Dhany Ketua Umum YROI yang juga menjadi peserta menuturkan, “Acara ini diharapkan mampu memotivasi serta mengedukasi para calon peserta balap YSR 2022 tentang tak hanya tekhnik balap motor tetapi juga tentang peraturan balap roda dua. Kami tidak ingin peserta mengabaikan faktor-faktor keselamatan seperti racing gear yang tidak sesuai standard balap, spesifikasi motor berdasarkan regulasi kelasnya, serta kedisiplinan para peserta dalam mengikuti satu per satu time line pada saat di event Yamaha Sunday Race nanti.

Sementara itu, Rsa Aziz dari Komunitas YARRCI sangat berantusias ingin balapan YSR tahun ini dapat dijalankan tepat waktu. Terbukti untuk tahun ini Resa mempersiapkan 1 unit Yamaha R6 dan akan berlaga di kelas superbike.

Dan terakhir ada Ari dari ROCK. Dirinya berharap pengelola sirkuit dapat membenahi fasilitas yang ada, ini semua demi keselamatan rider di lintasan dan kenyamanan pengunjung nantinya saat event terselenggara.

Dari pihak Yamaha, Tyan memastikan bahwa YSR 2022 akan diselenggarakan 3 seri dan 1 kali untuk Yamaha Endurance Festival. Menurut Tyan, demi kelancaran semua perijinan tengah diproses kepada pihak terkait. (Maston/Foto: istimewa)

Jadwal Yamaha Sunday Race 2022
Seri 1 18-19Juni 2022
Seri 2 27-28 Agustus 2022
Seri 3 17-18 September 2022
Jadwal Yamaha Endurance Festival 2022
22 – 23 Oktober   2022

Sharing is Caring
Your Community Partner

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!