Pentingnya Pemanasan Sebelum Berkendara Sepeda Motor

Berkendara membutuhkan beberapa aspek, mulai pengalaman, skill, pengetahuan, dan salah satu yang terpenting adalah aspek kesehatan.

Autoride – Banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kecelakaan dikarenakan kondisi kesehatan yang kurang baik. Salah satu contohnya adalah ketika seorang bikers tidak dalam kondisi kesehatan yang baik saat berkendara sepeda motor. Maka hal itu tidak memungkinkan untuk bisa berkonsentrasi dengan baik saat mengontrol motor di jalan raya.

Promotion Department Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), Demmy Firmansyah menjelaskan, salah satu contoh paling kecil dari faktor kesehatan lainnya adalah kurang siapnya tubuh pengendara dalam berkendara secara baik, maka dengan reflek yang kurang dapat menyebabkan seorang pengendara mengalami kecelakaan saat menggunakan sepeda motor.

Salah satu cara yang paling baik dalam mengatasi tubuh yang belum siap mengontrol motor ataupun meningkatkan reflek ketika berkendara adalah melakukan pemanasan ringan sebelum berkendara. Dengan melakukan pemanasan ringan maksimal 5-10 menit mulai dari bagian kepala, tangan, lengan, hingga kaki dapat membuat seluruh tubuh menjadi siap secara fisik dan mental sehingga membantu reflek pengendara menjadi baik saat melakukan manuver-manuver Ketika berkendara.

Banyak sekali potensi bahaya yang bisa saja tidak teridentifikasi dari sejak dini oleh pengendara di jalan raya, sehingga jika persiapan sebelum berkendara dengan melakukan pemanasan dilakukan terlebih dahulu, maka pengendara dapat mengambil keputusan dan pengoperasian sepeda motor secara tepat.

-> Galeri Foto: Gathering Perdana HPCI Jawa Tengah Part 2

CB150X Urban Ride
Saat berkendara sepeda motor dibutuhkan kesehatan maksimal pada tubuh

Tidak hanya meningkatkan reflek pengendara, pemanasan juga berfungsi sebagai pengecekkan anggota tubuh dalam kondisi yang fit. Jika ada salah satu bagian tubuh yang sakit, maka pengendara dapat merasakannya lebih dini saat pemanasan sedang dilakukan. Sehingga pengendara dapat menjaga gerak tubuh saat berkendara, karena rasa sakit pada salah satu bagian tubuh kita saat berkendara akan mengurangi rasa nyaman saat berkendara.

“Kita tidak perlu melakukan pemanasan yang terlalu lama atau menguras banyak tenaga, karena saat menggunakan motor pun kita mengeluarkan banyak tenaga. Pemanasan disini hanya pemanasan ringan untuk sekedar meregangkan otot-otot di tubuh kita agar semakin siap ketika mengendarai sepeda motor,” ujar Demmy.

Kesehatan merupakan salah satu faktor penting yang harus kita rasakan ketika berkendara. Namun keselamatan berkendara harus tetap terjaga dengan tidak melupakan faktor yang lain seperti emosi, etika, pengetahuan dan pengalaman saat berkendara, serta jangan lupa untuk selalu menggunakan helm dan jaket. (Maston/Foto:DAM)

-> Mobil Listrik Hyundai Genesis Jadi Kendaraan Resmi KTT G20 2022 di Bali

Sharing is Caring
Your Community Partner

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!