Perhatikan 4 Tips Cara Merawat Velg Motor

Velg merupakan salah satu komponen penting pada sebuah kendaraan. Untuk itu perhatikan tips cara merawat velg motor berikut.

Autoride – Meski menjadi salah satu bagian terpenting pada sepeda motor, namun keberadaan velg sering kali tidak mendapatkan perhatian khusus para bikers. Bahkan tak jarang para pemilik sepeda motor tidak terlalu menghiraukan kondisi velg meski telah terkena lubang atau tergores benda keras. Keberadaan velg juga berkaitan dengan kenyamanan saat berkendara sepeda motor. Untuk Autoride paparkan beberapa tips cara merawat velg motor berikut.

Sebenarnya perlu diketahui, ada 2 jenis velg yang sering digunakan pada sepeda motor, yakni casting wheel yang biasa disebut velg racing dan velg spoke wheel atau velg jari-jari. Dan kini sepertinya lebih banyak velg racing yang digunakan para bikers.

“Konsumen perlu memperhatikan perawatan velg agar tetap berfungsi dengan baik sehingga mendukung aktivitas berkendara. Untuk itu kami memberikan beberapa tips yang dapat diikuti oleh konsumen dan kami harapkan dapat membantu dalam menjalani kegiatan berkendara mereka,” ungkap Muslian, Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT. Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu).

Bagi pengguna sepeda motor ada baiknya mengetahui cara menjaga atau merawat velg. Berikut tips merawat velg sepeda motor :

1. Velg bersih
Biasakan membersihkan velg secara menyeluruh, terutama ketika terkena air hujan atau saat melewati genangan air. Karena semakin bersih, velg semakin terhindar dari karat yang dapat mempercepat kerusakan di velg.

2. Tekanan udara ban
Tekanan udara ban cukup berpengaruh pada fungsi dan juga keawetan velg. Jika tekanan udara pada ban semakin kecil, maka semakin besar peluang kerusakan velg akibat seringnya terkena benturan dengan batu atau lubang di jalan.

3. Ukuran ban dan velg yang sesuai
Seperti yang kita ketahui banyak pecinta sepeda motor yang memodifikasi motornya termasuk bagian ban dan velg. Namun tetap perhatikan juga kenyamanan saat berkendara di jalan. Contohnya tidak menggunakan ban yang melebihi diameter velg. Karena dapat mempengaruhi manuver ban dan mengurangi keseimbangan roda. Pilihlah velg yang asli keluaran pabrik serta velg yang bermerek atau berkualitas baik.

4. Hindari jalan yang rusak atau berlubang
Semakin sering berbenturan dengan logam, bukan hanya tekanan udara saja yang berkurang tapi juga dapat merusak keutuhan velg dan ban luar. (Maston/Foto: istimewa)

Sharing is Caring
Your Community Partner

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!