Tips Merawat Kampas Rem Sepeda Motor

Kampas rem merupakan komponen yang penting pada sepeda motor. Artinya, merawat kampas rem juga tak kalah penting untuk dilakukan.

Autoride – Bagi para bikers diwajibkan melakukan perawatan kampas rem. Namun merawat kampas rem juga tak bisa sembarangan. Ada beberapa trik khusus agar tepat.

Fungsi utama kampas rem adalah untuk menekan piringan cakram, sehingga kecepatan sepeda motor berkurang atau berhenti.

Kampas rem sendiri terbuat dari material abrasive yang akan habis dengan seiringnya terus mendapatkan gesekan saat melakukan pengereman. Maka ketebalan kampas rem harus diperhatikan. Mengingat pentingnya peran kampas rem, diperlukan perawatan agar kinerjanya optimal.

-> Piaggio MP3 300 hpe Sport Hadir di Indonesia

Berikut beberapa tips perawatan kampas rem.
1.Gaya berkendara
Selama mengendarai sepeda motor kami sarankan jari tidak selalu menempel di tuas rem, karena dikhawatirkan jari secara tidak sadar akan menarik tuas rem saat kendaraan melaju dan pastinya akan memakan kampas rem. Pastikan menjaga jarak aman dengan pengendara lain, agar tidak terjadi pengereman mendadak yang menyebabkan roda terkunci dan terjadi slip.

2.Bersihkan kampas rem
Di musim hujan kampas rem rawan kotor, hal tersebut dikarenakan kotoran dari air hujan atau genangan air menempel di permukaan kampas rem dan jika tidak dibersihkan dapat mengganggu efektivitas kinerjanya. Kami rekomendasikan untuk rutin membersihkan bagian kampas rem dengan cairan pembersih rem atau menyemprot dengan tekanan rendah pada bagian dari kampas rem.

-> Galeri Foto: Aksi Liar Pembalap ETCC di Putaran 6 (Part 1)

3.Cek kaliper, per kampas rem, dan ketebalan kampas rem
Bersihkan kaliper dan per kampas rem, hal ini bertujuan agar tekanan yang diberikan kampas rem sama rata. Lalu cek jarak antara piringan dan kampas rem, jika belum pas atau sempurna maka atur kembali dalam posisi yang tepat dan pastikan putaran roda lancar tanpa tersendat. Cek ketebalan kampas rem, ganti jika sudah tipis karena akan mengikis permukaan piringan cakram biasanya ditandai dengan bunyi gesekan.

4.Bearing roda
Bearing roda yang bermasalah akan membuat putaran roda tidak rata atau pelek menjadi goyang, akibatnya piringan cakram akan menekan kampas rem sehingga putaran roda akan tersendat tanpa kita melakukan pengereman. Lakukan perawatan sepeda motor secara berkala di Bengkel Resmi Yamaha, kondisi roda dan bearing akan selalu kita cek sehingga kerusakan bearing dapat terhindar. (Maston/Foto: Yamaha Territory VI – Main Dealer PT. Thamrin Brothers – Sumatera Selatan & Bengkulu)

-> ISSOM 2022: Juara Umum OMR Honda City Hatchback & OMR Honda Brio

Sharing is Caring
Your Community Partner

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!