HighlightTips

Begini Cara Mengetahui Ciri Busi Harus Ganti

Busi pada kendaraan bermotor memiliki usia pakai yang beragam dan tidak sama. Lalu bagaimana mengetahui ciri busi harus ganti?

Autoride – Busi merupakan komponen penting dalam kendaraan bermotor yang berfungsi sebagai penghantar listrk untuk menciptakan percikan api di ruang bakar. Seperti part atau komponen lainnya pada kendaraan, busi juga memiliki usia pakai. Banyak faktor untuk mengetahui ciri busi harus ganti.

Pada umumnya busi terbagi menjadi 3 jenis, yaitu busi nikel, busi dengan logam mulia tunggal, dan busi dengan logam mulia ganda. Dari ketiga jenis busi tersebut, busi logam mulia ganda memiliki usia pakai yang lebih lama dari jenis busi lainnya.

Your Community Partner

Pada jenis busi nikel, usia pakai antara 6 ribu km sampai 10 ribu km untuk sepeda motor dan untuk mobil antara 20 ribu km hingga 40 rb km. Sementara pada busi logam mulia tunggal, jika menggunakan busi NGK G-Power bisa dua kali lebih lama dari busi nikel. Lalu jika menggunakan busi NGK Iridum bisa 3 kali lebih lama.

Busi logam mulia ganda yang memiliki masa pakai lebih lama bisa digunakan hingga 48 ribu km untuk sepeda motor. Kemudian untuk mobil bisa 100 ribu km.

Selain jenis busi, jenis kendaraan juga punya pengaruh terhadap usia pakai busi. Umumnya busi pada mobil memiliki usia pakai lebih lama jika dibanding dengan busi motor.

Selain menggunakan hitungan kilometer, penggantian busi bisa ditentukan dengan tiga cara. Pertama berdasarkan rumus busi (2 kali ganti oli, 1 kali ganti busi). Berdasarkan jarak tempuh, dapat dilihat dari buku panduan masing-masing pabrikan. Dan berdasarkan kondisi fisik busi yang bisa diketahui dari tingkat pengikisan pada busi itu sendiri.

Your Community Partner

Bagaimana kondisi busi yang perlu diganti? Untuk busi nikel dan busi logam mulia tunggal, penggantian busi direkomendasikan ketiga ground elektrodanya sudah mengalami pegikisan. Lalu untuk busi dengan logam mulia ganda, penggantian busi bisa dilakukan ketika busi terlihat mengalami pengikisan secara tidak merata. (Maston/Foto: istimewa)

Sharing is Caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *