Berikut Tips Mengisi Bahan Bakar di SPBU

Mengisi bahan bakar di SPBU memang sudah menjadi rutinitas yang kerap dilakukan saat berkendara, namun bukan berarti Anda bisa lengah

Autoride – Tentunya Anda sudah familiar dong dengan rutinitas mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Namun sudah sepatutnya untuk melakukan pengisian BBM dengan benar dan aman. Hal tersebut lantaran bahan bakar baik bensin atau solar sangat mudah terbakar. Sehingga sangat penting untuk mengetahui cara mengisi BBM di SPBU yang aman dan benar.

Tentunya, Anda tak perlu repot untuk mencari tipsnya, karena itu Autoride akan berikan tips mudahnya berikut ini. Yuk disimak agar dapat mengisi BBM lebih aman dan dapat meminimalisir dari hal yang tak diinginkan.

–> Ketahui Fungsi Per CVT di Motor Matic dan Gejala Kerusakannya

1. Kenali letak tangki bahan bakar
Tips Mengisi bahan bakar
Arah panah menunjukkan posisi tangki

Sangat penting untuk terlebih dahulu mengetahui posisi mulut tangki BBM. Alasannya, agar Anda dapat mengisi BBM dengan mudah dan aman. Untuk mengetahuinya, cukup melihat arah panah pada panel penunjuk volume BBM yang terdapat di dashboard mobil Anda.

2. Matikan mesin saat pengisian

Peringatan yang kerap kita temui di SPBU, namun sayang, tetap saja masih banyak orang yang mengabaikannya. Bukan tanpa alasan, karena mesin kendaraan yang menyala memiiki aliran listrik statis yang bisa memicu arus di dekat selang jadi tidak stabil. Jika dibiarkan, akan muncul percikan api yang siap menyambar BBM. Anda tentu tahu apa yang bakal terjadi selanjutnya.

3. Amati volume awal bahan bakar
Tips Mengisi bahan bakar-2
Jangan mengisi terlalu penuh

Selain untuk hindari kecurangan, dengan mengamati volume BBM dapat menghindari kemungkinan luber dan tercecer di permukaan jalan. Selain dapat berpotensi merusak cat mobil, namun juga berisiko memantik api ketika terjadi listrik statis atau percikan api. Jadi, hindari pula mengisi bbm hingga terlalu penuh ya!

4. Hindari menggunakan telepon genggam

Meski masih ada perdebatan tentang penggunaan telepon genggam yang berbahaya atau tidak saat mengisi BBM di SPBU, namun kami tetap sarankan untuk menghindari menggunakannya. Kalau Anda sedang mengisi daya telepon genggam, pastikan dalam keadaan aman agar terhindar dari kemungkinan yang tak diinginkan.

–> Pengurus Pusat Ertiga Club Indonesia (ERCI) Gelar Raker, Bahas Program Kerja 2 Tahun Kedepan

5. Tidak perlu keluar dari mobil namun tetap jangan lengah
Tips Mengisi bahan bakar-3
Ikuti aturan di SPBU

Saat mengisi BBM di SPBU, Anda memang tak diharuskan untuk keluar dari kendaraan, namun disarankan agar tidak lengah. Tetap amati pengisian bahan bakar dan kondisi sekitar. Jangan ragu untuk memberi tahu petugas SPBU apabila menemukan hal yang sekiranya dapat membahayakan proses pengisian BBM. (Foto: Istimewa)

Sharing is Caring
Your Community Partner

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!