HighlightMotorcycle RacingRacing

Catatan Sejarah Valentino Rossi di MotoGP

Setelah 26 musim balapan Grand Prix (GP) dan 9 gelar Juara Dunia, Valentino Rossi akhirnya mengumumkan akan gantung helm dari MotoGP.

Autoride – Berita heboh datang dari pembalap MotoGP Valentino Rossi. Pembalap asal Italia itu mengumumkan MotoGP 2021 ini akan menjadi musim terakhirnya. Pengumuman ini disampaikan oleh Rossi pada Kamis sore (5/8) pada gelaran MotoGP Styrian di Austria.

Pengumuman Rossi ini memang sesuai dengan apa yang telah dia sampaikan sebelumnya. Di mana dirinya pernah mengatakan masa depannya di MotoGP akan ditentukan oleh hasil yang dicapainya tahun 2021 ini. Debutnya bersama Petronas Yamaha untuk tahun ini memang tak memberikan hasil memuaskan untuk Rossi yang kini menempati peringkat 19 klasemen sementara dengan 17 poin.

Your Community Partner

“Saya sudah memutuskan untuk berhenti di akhir musim ini, ini akan menjadi setengah musim terakhir saya sebagai pembalap MotoGP. Sulit. Ini momen yang menyedihkan, karena sulit untuk mengatakan dan mengetahui bahwa tahun depan saya tidak akan balapan dengan sepeda motor. Saya sudah melakukan ini selama kurang lebih 30 tahun! Jadi tahun depan hidup saya akan berubah,” ungkap Rossi.

“Tapi bagaimanapun itu luar biasa. Saya sangat menikmatinya. Itu adalah perjalanan yang sangat panjang. Benar-benar lucu. 26 tahun di kejuaraan dunia. Saya memiliki momen tak terlupakan dengan semua tim saya dan semua orang yang bekerja untuk saya.”

-> Gresini Racing Kembali Gandeng Aspira di MotoGP 2022

 valentino rossi - 1
Rossi memulai debutnya di Grand Prix sejak tahun 1996

Sepanjang kariernya di Kejuaraan Dunia Grand Prix, pembalap berjuluk The Doctor tersebut sementara ini telah melakukan 423 kali balapan (363 kali Kelas MotoGP/500cc). Dengan 115 kemenangan, 89 kemenangan diantaranya ia raih di kelas bergengsi MotoGP/500cc.

Selain itu, Rossi juga telah mengoleksi 199 podium di MotoGP/500cc dan 55 kali pole position. Memulai karier balapnya sejak tahun 1996 silam, Rossi telah mengantongo 9 gelar juara dunia, 7 gelar di MotoGP/500cc dan dua gelar lainnya masing-masing di GP250 dan GP125.

Your Community Partner

Meskipun demikian, Pangeran Arab Saudi Abdulaziz bin Abdullah bin Saud bin AbdulAziz Al Saud secara terbuka mendorong Rossi untuk melanjutkan kariernya dengan bergabung bersama saudaranya Luca Marini di tim VR46 Ducati yang didukung Aramco pada tahun 2022.

‚ÄúDalam semua olahraga, hasil membuat perbedaan, jadi pada akhirnya itu adalah cara yang benar. Saya memiliki kesempatan untuk membalap untuk tim saya di MotoGP bersama dengan saudara saya tahun depan, sesuatu yang pasti saya suka. Tapi tidak apa-apa seperti ini,” jelas Rossi. (Maston/Foto: Cover Motorsport Magazine & Yamaag Racing)

-> Tri Jogja Custom Garage, Bengkel Spesialis Modif Moge

 valentino rossi - 2
Petronas Yamaha menjadi tim terakhir Rossi sebelum pensiun
Sharing is Caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *