Gak Sulit Kok, Begini Cara Bersihkan Sendiri Saringan Udara Motor Matic

Membersihkan saringan udara motor matic sebenarnya tidak sulit, karena Anda bisa melakukannya sendiri di rumah lho.

Autoride – Saringan udara merupakan komponen yang memiliki peranan penting untuk kendaraan, khususnya motor matic. Kebersihan saringan udara pun penting dijaga agar performa motor tetap maksimal.

Nah, jika selama ini Anda selalu mengandalkan bengkel untuk membersihkan saringan udara motor matic kesayangan. Lewat artikel berikut, mungkin Anda bisa membersihkannya secara mandiri karena sebenarnya tidak terlalu sulit. Penasaran? Simak ulasannya berikut.

–> Cara Cerdas Deteksi Odometer Mobil ‘Aspal’

Cara Membersihkan Saringan Udara

Mengingat peranannya yang penting, maka Anda harus mengetahui bagaimana cara menjaga saringan udara pada motor agar tetap dapat berfungsi dengan baik. Berikut penjelasan mengenai 2 cara membersihkan saringan udara.

1. Air Cleaner Dry Paper

Cara pertama, Anda bisa menggunakan air cleaner dry paper yang dilakukan secara berkala setiap jarak 4.000 km dan kelipatannya.

Perawatan ini dilakukan dengan menyemprotkan filter udara dari arah flame trap dengan jarak sekitar 3 cm. Anda perlu melakukan penyemprotan ini hingga tidak ada lagi kotoran yang menempel pada filter tersebut. Lalu, lanjutkan dengan penyemprotan udara bertekanan tinggi dari arah depan membentuk sudut 45 derajat dengan jarak 5 cm.

saringan udara motor matic-2
Saringan udara yang bersih membuat performa motor tetap maksimal

2. Air Cleaner Urethane Foam

Berikutnya, Anda bisa mencoba cara air cleaner urethane foam, yaitu mencuci filter udara dengan air. Anda bisa menambahkan cairan pembersih atau deterjen yang terbuat dari bahan tidak mudah terbakar lalu diperas.

–> Tiga Komunitas Yamaha Maxi Jakarta Gelar Kopdar Gabungan Perdana

Setelah dicuci, komponen ini harus dikeringkan dengan cara disemprot udara yang bertekanan tinggi. Lalu, Anda perlu melumasi filter udara tersebut dengan cairan oli. Pembersihan ini perlu dilakukan secara berkala setelah menempuh jarak 4.000 km dan kelipatannya.

Namun, jika Anda tetap ragu dan tidak memiliki waktu untuk membongkarnya sendiri, maka lebih baik datang ke bengkel agar ditangani oleh mekanik profesional. (Foto: Istimewa)

Sharing is Caring
Your Community Partner

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!