Kampanye Safety Riding, Yayasan AHM Gandeng Ratusan Konten Kreator
Yayasan AHM (Astra Honda Motor) menggandeng ratusan konten kreator dalam mengkampanyekan keselamatan berkendara
Autoride- Kreatifitas anak muda saat ini menjadi kunci penting dalam menyampaikan pesan edukasi secara kreatif dan mengispirasi. Yayasan AHM mendapatkan 101 karya video unik dan kreatif karya insan muda kreator berbakat dalam ajang kreatifitas Short Movie Contest (SMC) 2021.
Antusias tinggi peserta kontes ini semakin menguatkan peran penting anak muda dalam edukasi keselamatan berkendara di tengah masyarakat.
Short Movie Contest (SMC) 2021 merupakan salah satu Road Safety Campaign yang digulirkan Yayasan AHM untuk menghadirkan budaya keselamatan berkendara yang aman dan nyaman di Indonesia, kendati di masa pandemi. Para Content Creator muda menyuguhkan banyak karya kreatif film pendek berdurasi 3 hingga 5 menit bertema Berkendara Aman dan Nyaman pada gelaran periode 26 Maret – 28 Mei 2021.
Pada ajang ini, para peserta membuat konten video kreatif menggunakan kamera professional seperti SLR/mirrorless ataupun kamera handphone dan piranti lunak editing video yang dikuasai. Proses penjurian SMC 2021 dilakukan oleh para dewan juri dari content creator profesional dan perwakilan manajemen AHM.
–> Shockbreaker Upside Down vs Teleskopik, Unggul Mana?
Dengan memperhatikan beberapa aspek penilaian seperti kesesuaian tema, konsep film, bahasa, kreativitas tampilan dan metode penyampaian yang kekinian, terpilih tiga karya anak muda kreatif terbaik dan tiga video terfavorit pilihan masyarakat. Yayasan AHM juga mengapresiasi 20 pengirim video pertama yang dikirim pada awal periode kontes.

Short Movie Contest (SMC) 2021 menyiapkan total hadiah sebesar Rp38 juta untuk para kreator video berbakat dari seluruh Indonesia. Para pemenang ajang ini, mendapat apresiasi uang tunai Rp12 juta bagi juara pertama, Rp8 juta bagi juara kedua, dan Rp5 juta bagi juara ketiga. Sementara itu juara terfavorit pilihan publik mendapatkan hadiah sebuah smartphone.
“Jika 1 video karya content creator muda ini ini dilihat 500-600 orang, maka ajang yang menghasilkan 101 video kreatif ini bisa menyampaikan pesan keselamatan berkendara kepada setidaknya lebih dari 60 ribu orang. Kami berharap generasi muda kreatif ini dapat terus konsisten membuat konten yang menarik di media sosialnya. Kami akan terus mendukung penyebaran pesan berkendara aman dan nyaman di jalan raya,” ujar Ahmad Muhibbuddin, Ketua Yayasan AHM.
Setelah melalui proses seleksi yang ketat dari berbagai karya peserta yang penuh kreatifitas, juara pertama diraih oleh STM Project Community melalui karya kreatif berjudul A Journey Dara Dira yang menceritakan gaya liburan yang aman dan menyenangkan ke Danau Rupang Kalimantan Barat ditemani sepeda motor Honda BeAT. Pesan bekendara aman dikemas dalam video khas anak muda yang kekinian.
Konten menarik juga ditunjukkan pada peraih juara kedua yaitu Shot & Chill Production dengan judul film pendek Bingung. Konten video menceritakan kisah kekhawatiran akan bahaya menjemput kekasih pulang kerja namun tidak memenuhi prinsip berkendara aman. Alur cerita yang menarik menimbulkan rasa penasaran untuk mengkiti film ini hingga akhir.
Peraih juara ketiga diraih oleh Wahid Shofauzadi & Fairul Umam dengan judul Liburan Bersama Honda yang bercerita tentang seorang traveller dalam melakukan perjalan liburan ke gunung dengan berbagai cerita suka dan duka selama perjalanan. Film ini begitu detail memaparkan persiapan yang harus dilakukan biker sebelum berpetualang naik motor.
Yayasan AHM juga mengapresiasi 3 video terfavorit diraih oleh Tinari Production judul film Masa Depanku, Bintang Catur dengan judul Pesan Ibu, dan Azhar Riau Pamungkas dengan judul Naga. Film pendek favorit dan film pemenang kegiatan ini dapat disaksikan di channel Youtube Sahabat Satu Hati. (AHM)