Car NewsHighlightNews

Mercedes-Benz India Rayakan Produksi ke-200.000

Mercedes-Benz menyelesaikan tonggak sejarah dengan meluncurkan mobil produksi lokalnya yang ke-200.000 di India.

Autoride – Mercedes EQS menjadi mobil ke-200.000 yang diproduksi Mercedes-Benz di pabrik mereka di Chakan, di distrik Pune di negara bagian Maharashtra, India. SUV listrik tersebut dipamerkan ke publik sebagai bentuk perayaan mereka asal Jerman inil.

Pabrik di Chakan tersebut juga telah mampu memproduksi mobil melalui penggunaan 100 persen energi terbarukan, yang menunjukkan strategi manufaktur berkelanjutan merek tersebut secara global.

Your Community Partner

Mercedes-Benz memproduksi 50.000 mobil secara lokal di India dari awal tahun 1995 hingga 2014. Kemudian, produksi meningkat secara eksponensial menjadi 150.000 mobil dari tahun 2015 hingga 2025. Aspek yang paling menonjol dari angka ini adalah bahwa dari total mobil yang diproduksi, 50.000 mobil diproduksi hanya dalam 2 tahun terakhir.

Fasilitas pabrik di India juga menjadi yang pertama dari merek tersebut yang memproduksi Mercedes-Maybach S500 di luar Jerman pada tahun 2015. Pabrik tersebut terutama juga digunakan untuk memproduksi mobil listrik dari portofolio perusahaan. Ini termasuk sedan Mercedes EQS 580, yang mulai diproduksi secara lokal pada tahun 2022. Pabrikan ini juga melokalisasi produksi SUV EQS 580.

Fasilitas produksi Mercedes-Benz India saat ini memproduksi 11 model mewah yang dijual ke pasar. Perusahaan tersebut juga telah berkomitmen untuk pasar otomotif India melalui investasi senilai total Rs. 3000 crore. Ini termasuk investasi baru sebesar Rs. 200 crore pada tahun 2024.

Sementara itu, di India merek ini mencatatkan rekor fiskal terbaiknya dengan penjualan 18.928 mobil pada tahun fiskal 24-25. Penjualan pada Q1 2025 mencapai 4.775 unit, menandai permintaan yang kuat dan terus berlanjut untuk portofolio BEV dan mobil mewah Mercedes-Benz.

Santosh Iyer, Managing Director & CEO, Mercedes-Benz India
Your Community Partner

“Mercedes-Benz terus menjadi merek mobil mewah yang paling diminati di India, dengan hampir satu dari dua mobil mewah Jerman yang terjual di India adalah Mercedes-Benz. Daya tarik tersebut didorong oleh komitmen teguh dari Franchise Partners kami dalam menawarkan kemewahan kepada pelanggan dengan produk-produk baru yang diminati, layanan yang berbeda, dan pengalaman ritel yang menyenangkan,” ujar Santosh Iyer, Managing Director & CEO, Mercedes-Benz India.

“Fokus kami untuk memperkuat pada segmen mewah kelas atas sangat berhasil, didukung oleh respons yang luar biasa terhadap S-Class, Mercedes-Maybach Night Series, G 580 dengan Teknologi EQ, dan SUV EQS. Pertumbuhan BEV kami telah meningkat pesat, dengan penetrasi penjualan yang tinggi.”

“Sebagai merek yang secara fundamental kuat, kami yakin akan prospek jangka menengah hingga panjang pasar India, dengan mengejar pendekatan penjualan yang berorientasi pada nilai, yang ditujukan untuk memuaskan pelanggan dan keberlanjutan bisnis,” pungkas Santosh Iyer. (Maston/Foto: ist)

Sharing is Caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *