HighlightMotorcycle TipsTips

Mau Pakai Ban Dual Purpose? Simak Dulu Plus Minusnya Berikut Ini

Ban adalah salah satu komponen yang paling banyak dimodifikasi atau diganti oleh para bikers. Salah satunya penggunaan ban dual purpose

Autoride- Banyak pemilik motor yang memanfaatkan ban dual purpose supaya kendaraannya nyaman digunakan di dua jenis jalan yaitu on road maupun off road. Sekilas ban dengan dua fungsi ini sangat menguntungkan. Namun bagi Anda yang belum paham dan berencana untuk mengganti ban, sebaiknya kenali dulu plus minusnya sebelum memilih ban yang tepat. Supaya tidak kecewa nantinya setelah diganti dan ternyata kurang nyaman untuk dikendarai.

Mengenal Ban Dual Purpose

Penggemar ban yang memiliki kemampuan ganda ini cukup meningkat beberapa tahun terakhir ini. Namun sebenarnya apa itu ban dual purpose? Meskipun banyak yang menyarankannya, tidak banyak juga yang benar-benar paham.

Your Community Partner

–> Perayaan Ultah ke-1 Maxi Independent All Rider (Maxelar) Diluar Ekspektasi

Secara fisik, ban ini memiliki bentuk yang lebih tinggi sehingga akan meningkatkan ketinggian motor. Tak hanya itu saja, tetapi kembangannya lebih banyak dan berbentuk kotak beraturan. Tujuannya adalah supaya tanah, lumpur dan kerikil bisa masuk ke celah kembangan. Selain itu bentuk kembangan lebih lebar akan mempermudah untuk melintasi jalan beraspal.

ban dual purpose-3
Ban Dual Purpose Memiliki Beragam Jenis Kembangan

Berbeda dengan kembangan ban untuk offroad yang cenderung lebih besar. Ketika dipasang maka akan menciptakan tampilan motor jadi lebih keren. Selain dari bentuknya, kemampuan dari ban ini juga dipengaruhi oleh bahannya. Material yang digunakan untuk membuat ban memungkinkan untuk digunakan pada dua jenis jalan.

Ketika digunakan, ban dual purpose tidak akan terlalu terasa jika Anda sering melintasi jalan aspal atau on road. Namun, memang lebih nyaman saat menggunakan ban on road. Akan tetapi, rasa berbeda baru dirasakan saat Anda melewati jalanan off road.

Lalu apakah ban lebih awet digunakan? Jika dibandingkan dengan ban biasa, kedalaman dari ban lebih baik dibandingkan dengan ban biasa. Hanya saja untuk keawetan tergantung pada bagaimana cara pemakaiannya.

Plus Minus Motor dengan Ban Dual Purpose
Your Community Partner

Pemilihan ban untuk motor harus dipertimbangkan sejak awal karena ban digunakan setidaknya selama tiga tahunan. Biasanya penggantian ban dengan dua kegunaan ini dilakukan untuk motor bebek biasa dan matik.

Tidak cocok jika motor sport diganti menggunakan ban dual purpose karena dari ukuran ketinggian motor kurang sesuai. Nah bagi Anda yang berencana untuk mengganti ban, sebaiknya perhatikan kelebihan dan kekurangan dari ban jenis ini.

Kelebihan:

  • Lebih Nyaman Digunakan Berbagai Medan

Bagi Anda yang sering melintasi area yang berbatu atau jalanan buruk sekaligus jalanan aspal, ban dual purpose ini menjadi solusi yang paling tepat. Baik itu jalanan rusak dan kurang mulus maupun jalanan rata semua bisa dilalui oleh ban ini.

ban dual purpose-2
Siap Diajak Melintasi Berbagai Kondisi Jalan

Anda akan merasa lebih nyaman dibandingkan menggunakan ban on road biasa. Jadi walaupun jalanan kurang ramah, kendaraan tak masalah jika harus melintasinya. Kelebihan ini karena didukung dengan motif ban kembangan lebar sehingga lebih sigap.

  • Ban Tidak Cepat Aus

Material yang digunakan sudah pasti berkualitas sehingga berbeda dengan ban on road. Karena materialnya yang spesial inilah usia pakai ban lebih panjang dan tidak cepat aus walaupun Anda sering menggunakannya. Anda tak perlu takut lagi melewati segala jenis medan dan harus memperhatikan terus menerus apakah ban lebih cepat gundul.

–> Riders Wajib Tahu! Hal yang Mesti Diperhatikan Sebelum Turing Jarak Jauh

Kekurangan:

  • Cengkeraman yang Masih Kurang

Selain kelebihan, ada juga kekurangan yang dimiliki oleh ban jenis ini. Kekuatan cengkramannya akan lebih kurang dibandingkan ban on road. Anda sebaiknya jangan terlalu miring ketika melewati tikungan.

Karena daya cengkraman yang rendah akan membahayakan keselamatan dan riskan terjadi kecelakaan. Selain di tikungan, Anda juga berhati-hati saat melewati jalan tanjakan atau terjal di jalanan beraspal yang halus.

ban dual purpose-4
Daya Cengkeram Ban On Road Lebih Baik di Aspal
  • Tidak Tepat untuk Motor Sport

Satu lagi kekurangan yang tidak boleh dilewatkan adalah jangan ganti ban motor sport Anda dengan ban dual purpose ini. Karena soal ketinggian dan fungsinya ban tidak bisa optimal digunakan. Ditambah lagi desain dual purpose ini lebih menonjol sehingga tidak akan pas dengan semua jenis motor sport. (Foto: Istimewa)

Sharing is Caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *