CommunityHighlightMotorcycle Community

SMI Riau Touring Tektok, Nikmati Indahnya Hamparan Kelok 9

Para riders Supermoto Indonesia (SMI) Riau melangsungkan agenda touring tektok alias pergi pulang dalam satu waktu atau sehari.

Autoride – Touring sering kali menjadi kegiatan untuk melepas penat para riders. Disamping itu agenda touring juga bisa menjadi ajang untuk menggali potensi wisata di suatu daerah. Seperti yang baru saja dilakukan oleh para riders dari Supermoto Indonesia (SMI) Riau.

Dalam menjalankan agenda touringnya kali ini, SMI Riau menuju ke Kelok 9 yang merupakan ruas jalan berkelok dan terletak sekitar 30 km sebelah timur dari Kota Payakumbuh, Sumatra Barat menuju Provinsi Riau.

Your Community Partner

Jalan ini membentang sepanjang 300 meter di Jorong ulu air, Nagari harau/kenagarian persiapan ulu air, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat dan merupakan bagian dari ruas jalan penghubung Lintas Tengah Sumatra dan Pantai Timur Sumatra.

Kelok 9 memiliki tikungan yang tajam dan lebar sekitar 5 meter, berbatasan dengan jurang, dan diapit oleh dua perbukitan di antara dua cagar alam: Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau. Di sekitar Jalan Kelok 9 saat ini telah dibangun jembatan layang sepanjang 2,5 km. Jembatan ini membentang meliuk-liuk menyusuri dua dinding bukit terjal dengan tinggi tiang-tiang beton bervariasi mencapai 58 meter.

-> Dengan Dukungan ARCI Serang, ARCI Cilegon Resmi Deklarasi

smi riau - 1
Touring digelar untuk melepas penat

Kembali ke agenda touring tiktok SMI Riau yang dihelat pada 4 Juli 2021 lalu. Rombongan memulai perjalanan pada jam 8 pagi waktu setempat dari SPBU Rimbo Panjang sebagai titik kumpul (tikum). Tujuan utama dari touring ini memang untuk singgah di Kelok 9.

“Rute touring kali ini kami hanya singgah di Kelok 9, makan siang di RM. Uwan dan ngopi santai di daerah Rimbo Datar. Untuk rute perjalanan pergi dan pulang kami melewati rute yang sama,” ujar Jaka Priyadi, Penasehat SMI Riau.

Your Community Partner

Ini merupakan agenda touring bulanan SMI Riau. Sedangkan untuk member yang berangkat ada 11 unit 12 nyawa. Dan 3 diantaranya adalah member yang baru bergabung, mereka turut serta dalam kegiatan touring sebagai bagian untuk memenuhi persyaratan sebelum masuk di keluarga besar SMI Riau.

“Yang spesial pada touring kali ini, sebelumnya sudah mendapatkan kabar bahwasanya jalur menuju Sumatra Barat lumpuh total dikarenakan jalan yang longsor. Tapi kabar tersebut tidak menyurutkan niat dan tekat para riders untuk terus melaksanakan touring tektok tersebut,” ungkap Jaka.

-> PPnBM 0 Persen Resmi Diperpanjang Hingga Agustus 2021

smi riau - 3
Makan bersama jadi agenda dalam touring

“Tidak ada cerita “Putar Kepala”, selama jalan itu belum benar-benar putus dan memang sudah tidak bisa untuk dilalui. Setelah berjuang menerobos kemacetan sekitar 20 kilometer akhirnya touring tektok ini dapat terlaksana,” jelas Jaka.

Kegiatan yang mereka lakukan juga menjadi ajang untuk tertawa dan saling bercanda satu sama lain. Juga menjadi ajang foto-foto dengan spot yang menarik. Paling unik, dikatakan Jaka mereka selalu beri ejekan ke member-member yang ngantuk di saat perjalanan dengan komunikasi melalui intercom.

Sementara itu, dalam menjalankan kegiatan ini SMI Riau mengusung tema Sunday Morning Ride (Sunmori). Melalui kegiatan Sunmori, mereka saling mengakrabkan diri sesama member serta sebagai ajang untuk melepas kepenatan di sela-sela kesibukan.

“Kita sengaja memilih lokasi Kelok 9 dikarenakan rute jalan yang sangat asyik, cuaca yang adem, asri dan jalanan yang mulus walaupun beberapa titik jalan ada yang rusak,” pungkas Jaka. (Maston/Foto: SMI Riau)

-> Darurat Covid-19, Jadwal GIIAS 2021 Mundur hingga September 2021

smi riau - 2

Sharing is Caring

4 thoughts on “SMI Riau Touring Tektok, Nikmati Indahnya Hamparan Kelok 9

  • Josss gandoss..!!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    Reply
    • Autoride

      Salam ngegass Enriza

      Reply
  • Joss gandosss..!! πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    Reply
    • Autoride

      Joss gandosss top markotopp brader Asep…

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *