Car NewsHighlightNews

Chip Semikonduktor Langka, Mobil Tesla Bekas Laris Manis

Meski masih dikepung pandemi, penjualan mobil bekas di Amerika terus meningkat secara signifikan. Salah satunya adalah mobil Tesla Model 3

Autoride- Kesuksesan Tesla dalam memasarkan mobil listrik di Amerika tentu menjadi hal yang tak aneh lagi. Namun baru-baru ini ada kabar yang cukup menarik bahwa tak hanya versi barunya, namun mobil Tesla juga mencatat kesuksesan dalam penjualan di pasar mobil bekas Amerika. Hal ini diungkap oleh Recurrent yang merupakan lembaga analis penjualan mobil listrik di Amerika Serikat.

Dikutip dari situs insideEVs.com, Recurrent melakukan penelitian terhadap data penjualan mobil listrik bekas di Amerika dalam waktu 90 hari terakhir. Hasilnya memang cukup mengejutkan lantaran Tesla menjadi mobil listrik yang diminati konsumen mobil bekas di Amerika. Di Negeri Paman Sam sendiri pasar mobil listrik sudah cukup besar dengan didominasi oleh beberapa merek terkenal, mulai dari Tesla, Chevrolet, BMW, Nissan, Ford hingga Honda dan Toyota.

Your Community Partner

–> Kopdargab Forbitas, Bahas Agenda Pembangunan Masjid di Citorek

Kelangkaan chip semikonduktor jadi penyebab utama
tesla - 2
Langkanya Chip Semikonduktor Membuat Pasar Mobil Bekas Meningkat

Masih menurut Recurrent, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab penjualan mobil listrik bekas di Amerika semakin meningkat. Pertama adalah kelangkaan chip semikonduktor yang membuat produksi mobil baik di Amerika atau global menjadi terhambat. Hal ini membuat pasokan mobil baru pun tertahan.

Padahal chip semikonduktor ini menjadi komponen paling penting di banyak sektor mobil, mulai dari elektrikal, fitur hingga piranti digital dan infotainment. Kelangkaan chip semikonduktor tak hanya berimbas positif terhadap pasar mobil listrik bekas, namun juga mobil bekas pada umumnya di Amerika. Bahkan menurut beberapa pemberitaan, penjualan mobil bekas di Amerika naik hingga 17 persen sejak Januari 2021 lalu.

Tesla Model 3 menjadi favorit
tesla model 3
Tesla Model 3 Dominasi Pasar Mobil Bekas Amerika

Tesla tak hanya mencatat kenaikan cukup signifikan pada pasar mobil listrik bekas, namun juga mendominasi. Setidaknya hal tersebut dapat terlihat pada hasil penelitian penjualan yang dihadirkan Recurrent yang perlihatkan beberapa model Tesla menduduki posisi teratas. Namun dari semua model Tesla, Model 3 lah yang paling berhasil merebut hati konsumen Amerika. Sementara model dari pabrikan milik Elon Musk  lainnya yang tak kalah populer adalah Tesla Model S dan Tesla Model X.

–> Awas! Sensor All New Yamaha NMax Bisa Super Sensitif Akibat Hal Sepele

Your Community Partner

Selain Tesla, mobil listrik Chevrolet, Bolt EV juga mampu mencetak penjualan yang cukup mengesankan. Chevy Bolt EV mampu menjadi pemimpin bagi penjualan mobil listrik berdimensi kompak di Amerika baik baru maupun bekas. Selain Chevy Bolt, Nissan LEAF dan BMW i3 mendominasi penjualan mobil listrik bekas di negara yang dipimpin oleh presiden Joe Biden tersebut. (Foto: insideEVs)

Sharing is Caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *