Car RacingHighlightRacing

Porsche Cayman Tampil di Kejurnas Sprint Rally 2025 Jalak Harupat

Porsche Cayman ikutan Kejurnas Sprint Rally 2025 Jalak Harupat yang menjadi andalan Novrianda Basyir dari Delta Garage Racing Team.

Autoride – Salah satu sudut paddock di perhelatan Putaran 2 Kejurnas Sprint Rally 2025 cukup menarik perhatian. Pasalnya terparkir mobil sport Porsche Cayman. Ternyata, Porsche Cayman yang harganya mencapai milyaran rupiah itu juga menjadi salah satu peserta Kejurnas Sprint Rally 2025 Jalak Harupat yang dikendalikan oleh pereli Novrianda Basyir bersama navigator Ali Nassir.

Turun di kelas R3, pereli Delta Garage Racing Team ini sejak SS1 sudah tampil menggebrak. Terbukti dengan raiahn Waktu tercepat kedua di kelas yang diikutinya. Kendati demikian, Novrianda Bashir yang akrab disapa Ananda mengaku jika mobil balapnya mengalami beberapa kendala.

Your Community Partner

“SS1 Alhamdulillah di kelas R3 kita dapet posisi 2. Tapi SS1 kita ada kendala, pertama rem tangannya ada sedikit ubah style yang akhirnya nempel, handbrake kita nempel. Akhirnya torsi kita agak sedikit kurang tenaganya sama overheat karena mungkin ketahan.

“Pas di SS2 itu oper giginya nggak bisa di gigi tinggi, biasanya kalau ada yang overheat dia selalu kayak gitu untuk jenis mesin yang ber-gearbox PDK seperti ini. Nah di SS2 sudah diberesin masalahnya, sudah disetel segala macem. Ternyata pas di SS2 baru tikungan antara 2, 3, 4, PSM (Porsche Stability Management) kita trouble.”

“Sedangkan mobil ini nyawanya itu PSM. Kenapa PSM? Karena posisinya sekarang saya belum dapet LSD, saya masih nyari LSD, yang ini masih belum pakai LSD. Jadi gunanya PSM itu kalau misalnya saat dia melintir, dia ngunci, nge-lock gitu, jadi biar dia stabil. Karena tiba-tiba dia off, trouble, support mode-nya juga mati.”

“Karena kan saya masih pakai PDK, PDK cuman 2 axis saya ubah jadi kayak sequent, jadi kalau turun giginya itu delay kalau dia support-nya mati sama PSM-nya mati. Jadi pas mau engine brake telat sehingga di SS2 kita sempat melintir, muter dan nyangkut di trotoar akhirnya hilang 1,5 menit,” rinci Ananda menjelaskan masalah pada mobil balapnnya.

Your Community Partner

Berbagai kendala yang ditemui pada SS2 berhasil diatasi dengan baik oleh tim mekanik. Alhasil pada SS3 Ananda dan Ali Nassir menempati posisi 1 atau fastest. Hasil apik ini kembali ditorehkan pada saat balapan di SS4 dengan finish di posisi 1.

“Di SS3 dan SS4 kondisi mobil prima nggak ada masalah dan Alhamdulillah kita bisa dapet fastest. Tapi untuk podium kita jauh. Karena di kelas R3, dari posisi SS1 ke SS2, kita turun ke 13, kita naik cuman ke-9,” ungkap Ananda.

Sementara soal trek, bagi Ananda di Jalak Harupat kali ini cukup menantang. Dengan kombinasi lengkap, ada tikungan sempit, campuran trek yang ada pasir, gravel juga ada sedikit tanah serta jumpingan. Dengan sajian trek seperti ini, Ananda menyebut memilih ban harus cermat.

Lalu bagaimana Ananda mengantisipasi ketersediaan sparepart? Terlebih lagi ini merupakan mobil premium yang jumlahnya di Indonesia bisa dihitung dengan jari. Tentu saja ketersediaan sparepart juga menjadi tantangan tersendiri baginya.

“Untuk cadangan spare part, kita spare satu unit mobil dan ada di Jakarta. Kita simpen satu unit mobil. Jadi kalau kita ada perlu apa-apa, dari unit yang itu kita berangkatin orang ke lokasi tempat kita balap. Misalnya di Semarang, kirim ke Semarang, di Bandung, kirim ke Bandung.”

“Seperti balapan di Bandung ini, di SS2 saya melintir dan nabrak pohon belakangnya. Lorem bengkok, akhirnya malam-malam kita telepon mekanik yang di Jakarta, untuk copotin mobil cadangan dan diantar ke sini (Bandung). Nanti setelah itu kita order lagi untuk mobil yang cadangan. Jadi mobil yang cadangan itu, setelah di-pretel diisi lagi, kita beliin lagi barangnya,” pungkas Ananda. (Maston/Foto: Dok. Delta Garage Racing Team)

Ananda di balik kemudi Porsche Cayman di Kejurnas Sprint Rally 2025 Jalak Harupat
Ananda (kiri) bersama navigator Ali Nassir

Sharing is Caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *