Raden Rauf Bicara Performa Ban Hankook di ISSOM 2024
Hankook kembali menjadi salah satu dari tiga penyedia ban resmi dalam ajang balap mobil Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2024.
Autoride – Pada Putaran 5 ISSOm 2024 yang berlangsung 25-27 Oktober 2024, Hankook kembali membuktikan kualitas performa ban berstandar tinggi di dunia motorsport dengan peningkatan jumlah pembalap yang menggunakan Ventus RS4 mencapai 63 persen dibandingkan tahun lalu.
Seluruh pembalap dari lima kelas bergengsi tercatat memilih ban Hankook untuk mendukung performa maksimal mereka di lintasan balap. Kelima kelas yang diperebutkan antara lain, Indonesia Touring Car Racing (ITCR) 1200, ITCR 1500, ITCR 3600 MAX, Honda City Hatchback Brio Speed Challenge (HCHBSC), serta Eshark Dapur Cokelat Touring Championship (Eshark). Menariknya, tahun 2023 lalu 100 persen pembalap Eshark menggunakan ban kompetitor.
“Hankook Tire sejak 2022 telah menjadi salah satu ban yang dipakai pada ajang balap ISSOM. Selain menegaskan komitmen kami terhadap inovasi dan performa tinggi, hal ini juga menunjukkan dedikasi kami dalam mendukung perkembangan motorsport di Indonesia. Pada tahun 2024, 73% pembalap ISSOM menggunakan ban Hankook Ventus RS4, hal ini jauh dibandingkan tahun 2023 yang hanya 10%,” papar Presiden Direktur PT Hankook Tire Sales Indonesia, Yoonshoo Shin.
Ventus RS4 merupakan ban high-performance yang dirancang untuk performa maksimal di lintasan balap. Dengan pola inovatif, ban ini memberikan stabilitas kontrol yang baik, dan daya cengkram optimal, serta handling presisi di lintasan kering maupun basah.
Ban ini juga telah memenuhi standar ISSOM dengan treadwear minimum 200 dan daya pasok yang terjamin melalui jaringan resmi Hankook, SM Motorsport. Hankook Ventus RS 4 juga dapat ditemukan di jaringan Hankook Master maupun berbagai gerai retail di Indonesia.
“Kami memilih Hankook RS4 karena sangat cocok untuk lintasan balapan di Sentul, terutama untuk mobil berperforma tinggi seperti F30 bermesin turbo 300 HP. Meskipun harga Hankook lebih mahal 20-30% dibandingkan ban lokal, hal ini bukan kendala karena kualitasnya sepadan, dan hampir semua pembalap di Sentul juga beralih ke Hankook. Ban ini unggul dalam stabilitas waktu lap, ketahanan, serta kestabilan tekanan, dengan kenaikan PSI hanya sekitar 2-3 dari awal hingga akhir balapan,” urai Bonifatius Shindu Hariwibowo, Owner sekaligus mekanik di NOG Motorsport.
Pada Putaran 5 ISSOM 2024 di Sirkuit Sentul, Fitra Eri, meraih kemenangan di kelas ITCR 1500 dengan catatan waktu 24 menit 49.20 detik, sekaligus mencatat fastest lap dengan waktu 1 menit 54.31 detik. Kemudian, Avila Bahar keluar sebagai juara di kelas ITCR 1200 dengan perolehan total waktu 23 menit 45.04 detik dan catatan waktu terbaik 1 menit 58.40 detik.
Lalu di kelas HCHBSC, Akheela Chandra menjadi juara dengan catatan total waktu 19 menit 27.88 detik dan catatan waktu terbaik 1 menit 56. 13 detik. Sementara di kelas Eshark, Rava Mahpud berhasil menjadi juara dengan catatan total waktu 22 menit 56.43 detik dan catatan waktu terbaik 1 menit 54.22 detik, serta B. Hutomo menjadi juara di kelas ITCR 3600 MAX dengan perolehan total waktu 19 menit 8.45 detik dan catatan waktu terbaik 1 menit 52.65 detik.
Pembalap di kelas European Touring Car Championship (ETCC) dan BMW CCI Motorsport, Raden Rauf, memuji performa luar ban Hankook RS 4 di lintasan balap. “Sejak menggunakan Hankook Ventus RS4 pada 2023, saya merasakan perubahan signifikan dibanding ban sebelumnya. Ban Hankook menawarkan grip yang kuat dan kenyamanan luar biasa, namun tetap awet” puji, Raden Rauf. (Maston/Foto: ist)