Penjualan Ban Mobil Hankook Tumbuh Signifikan di Indonesia
Penjualan ban mobil Hankook mengalami peningkatan pada kategori produk PCR (Passanger Car Radial) dan TBR (Truck & Bus Radial).
Autoride – Produsen ban mobil Hankook Tire asal Korea Selatan, melalui anak perusahaan yang mengelola pemasaran di Indonesia, PT Hankook Tire Sales Indonesia (HTSI) menunjukkan pertumbuhan positif. Sepanjang tahun 2022, penjualan Hankook pada kategori PCR (Passanger Car Radial) dan TBR (Truck & Bus Radial) alami peningkatan. Masing-masing peningkatan sebesar 2% dan 10% dibanding tahun 2021 lalu. Kini, Hankook siap memaksimalkan momentum tahun ini dengan sejumlah strategi.
“Sepanjang 2022, kami berupaya memberikan pelayanan maksimal untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Menyambut tahun 2023, kami hadir dengan beberapa strategi baru untuk bergerak maju, bersama-sama lebih kuat dan adaptif untuk menyesuaikan kondisi pasar domestik maupun global.” ujar Yoonsoo Shin, President Director PT Hankook Tire Sales Indonesia (HTSI).
Pada kategori PCR, Hankook akan melanjutkan posisi solid pada segmen SUV (Sport Utility Vehicle) melalui sejumlah langkah. Yaitu, menghadirkan fitur HP (highway performance) dan pola kasar (rugged pattern) guna memaksimalkan performa dan keamanan berkendara. Serta, menyiapkan inovasi produk untuk memberikan fleksibiltas bagi pelanggan.

Sejumlah produk baru tersebut antara lain Ventus Prime4 ban premium yang memiliki handling yang optimal untuk kenyamanan berkendara dan Dynapro HPX ban touring semua musim yang dirancang untuk memberikan penanganan yang halus, kenyamanan ekstra, dan kebisingan rendah. Dynapro XT ban SUV yang dapat memberikan kenyamanan berkendara walaupun kondisi jalanan yang tidak rata (off-road) dengan jaminan garansi tapak hingga 50.000 mil.
Dalam beberapa tahun terakhir, Hankook menargetkan dapat menjadi pemimpin bagi segmen EV (Electric Vehicle) atau kendaraan elektrik. “Untuk turut serta dalam industri mobil listrik, tahun ini kami akan membawa seri iON Evo ke Indonesia guna memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik bagi pengendara mobil listrik. Selain itu, mulai musim 2022/23 kami menjadi pemasok ekslusif dan mitra teknis dari kejuaraan dunia ABB FIA Formula E. Hal ini menegaskan keseriusan kami untuk menjadi yang terdepan dalam industri kendaraan listrik,” papar Yoonsoo Shin.
Hankook ingin menerapkan prinsip sederhana, lebih cepat, dan lebih kuat di tahun ini melalui sejumlah program pemasaran seperti sell-in shop, program service point, program rabat Hankook master dan signage shop, serta melakukan co-marketing untuk aktivitas per area. Perusahaan juga berencana meningkatkan ekspansi pasar B2B dan armada Nasional dengan menggandeng sejumlah partner untuk berkolaborasi, seperti Bluebird, TRAC Astra, dan ASSA Rent.

Sementara untuk kategori TBR, memandang kondisi pasar yang dinamis dan kompetitif, perusahaan memilih fokus menawarkan layanan berbasis solusi. Hankook berupaya mendukung para pelanggan kendaraan niaga atau fleet customer untuk mereduksi biaya operasional serta menghadirkan layanan yang menjadi prioritas kebutuhan mereka. Sejumlah pendekatan yang disiapkan, antara lain, menawarkan biaya per kilometer lebih rendah, memaksimalkan kinerja ban dengan layanan yang diberikan, dan visibilitas biaya ban dengan layanan.
Hankook juga akan membantu pelanggan dalam memilih ban yang sesuai untuk mendukung kegiatan operasional bisnis mereka, merekomendasikan tekanan angin ban, monitor pemeliharaan ban, pengecekan tekanan angin ban, analisa ban bekas pakai, meningkatkan pemeliharaan ban, serta beragam pelatihan untuk pemilik maupun pengemudi kendaraan niaga.
Melalui sejumlah strategi baru tersebut, Hankook berkomitmen untuk terus memperkuat presensinya di pasar domestik di Indonesia. Bersamaan dengan pertambahan ukuran dan line-up produk baru, PT Hankook Tire Sales Indonesia menargetkan pertumbuhan penjualan sebesar 19% yang mencakup pasar domestik dan pasar mancanegara di tahun 2023. (Maston/Foto: HTSI)

